389 Personil TNI/Polri Siap Amankan Pilkades Serentak Paluta

0

Paluta (Sumut) mitrapolisi86news.com|Sebanyak 389 personel TNI/Polri diberangkatkan dalam rangka Pengawalan dan Pengamanan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Padang Lawas Utara, Selasa (03/10/2023).

Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap S.STP, M.Si, bertindak sebagai Pimpinan Apel, Kanit Lantas Sofyan Helmi Nasution SH bertindak sebagai Perwira Apel, dan Kapolsek Padang Bolak Zulfikar, SH, MH, bertindak sebagai Komandan Apel, yang turut dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara, Kapolres Tapsel, Dan Dim 0212/TS, Kajari Padang Lawas Utara, Dan Yon 123/RW, Dan Yon C – Brimobdasu, Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara, Para Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan OPD, Camat se Kabupaten Padang Lawas Utara, dan peserta apel pergeseran pasukan.

Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap
S.STP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa apel pergeseran pasukan adalah salah satu upaya pengecekan akhir kekuatan pasukan sekaligus sebagai kesiapan TNI/Polri bersama stakeholder terkait dalam mengawal dan mengamankan jalannya pemungutan suara Pilkades Serentak Kabupaten Padang Lawas Utara pada hari Rabu tanggal 04 Oktober 2023.

Dari Pantauan Kru media ini Personel yang dilibatkan pada pengamanan pemungutan suara dalam rangka Pilkades Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun 2023 sebanyak 389 personel, yang terdiri dari Polres Tapsel 209 personel, BKO Polres Tapsel Palas 30 personel, BKO Dalmas Lanjutan Polres Tapteng 30 personel, BKO Dalmas Lanjutan Polres Sibolga 30 personel, BKO PHH Brimob Yon C Polda Sumut 60 personel, dan BKO TNI Yon 123/RW 30 personel yang siap mengawal dan melaksanakan pengamanan secara maksimal.

Untuk menghadapi tugas mulia dalam rangka pengamanan pemungutan suara Pilkades serentak Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun 2023, Bupati Padang Lawas Utara menghimbau kepada seluruh personel agar mempedomani dan melaksanakan antara lain:
1. Siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi
2. Pedomani aturan perundang-undangan terkait Pilkades
3. Personel yang melaksanakan pengamanan sesampainya di lokasi melakukan koordinasi dengan Pamenwas, Pawas, Padal, Danramil, Camat, dan Plt. Kades
4. Pelajari benar-benar situasi dan kondisi serta kerawanan di masing-masing desa
5. Segera koordinasikan dengan panitia Pemilihan Kepala Desa
6. Berikan pengawalan penuh terhadap kotak maupun surat suara
7. Laporkan setiap perkembangan situasi kepada Pimpinan secara berjenjang
8. Hindari tindakan arogan, pelanggaran maupun penyimpangan serta tunjukkan sikap netralitas
9. Laksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan disertai dengan penuh keikhlasan.

(Ependi harahap)

Tinggalkan Balasan