Asisten III Resmikan Sopo Godang Sekaligus Kantor Kepala Desa Sigama Ujung Gading

0

Paluta(sumut)mitrapolisi86news.comBupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap S.STP, M.Si diwakili oleh Asisten III Maralobi Siregar S.Sos, MM meresmikan Sopo Godang dan Kantor Kepala Desa Sigama Ujung Gading Kecamatan Padang Bolak, Kamis (2/11/2023).

Peresmian Sopo Godang yang dibarengi kegiatan Mimbar Adat Budaya yang diinisiasi oleh Korps Bumi Balakka Raya (KBBR) tersebut, turut dihadiri oleh Kakan Kemenag Kabupaten Padang Lawas Utara Drs. Safiruddin Harahap M.Pd, Ketua Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Paluta Drs Tongku Mukmin Harahap, Camat Padang Bolak Awaluddin Jamin Harahap, S.Sos, Ketua KBBR Habibi P Harahap, Tokoh Adat Luat Hajoran, Tokoh Adat Luat Tolu Sadagulan Halongonan Purba Sinomba Gunung Tua Tano Sapanjang Banua Sadesa, Tokoh Adat Luat Portibi, Ketua Lembaga Adat dan Budaya kec Padang Bolak, kec Pirtibi, masyarakat Desa Sigama Ujung Gading dan tamu undangan lainnya.

Kepala Desa Sigama Ujung Gading Al Afgani Safaruddin Harahap, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh seluruh elemen masyarakat dalam pembangunan Sopo Godang Desa Sigama Ujung Gading.

“Sejarah pendirian Sopo Godang ini merupakan dorongan dari masyarakat Sigama Ujung Gading, pertapakan ini sebelumnya merupakan pertapakan Kantor Kepala Desa, atas mufakat kita bersama, secara resmi kita lakukan gotong royong dalam pembangunan Sopo Godang ini. Pembangunan Sopo Godang ini kita lakukan secara swadaya, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat dan pihak-pihak yang telah membantu dalam pembangunan Sopo Godang ini,” jelasnya.

Sementara itu menyambut baik pembangunan Sopo Godang Desa Sigama Ujung Gading, Camat Padang Bolak Awaluddin Jamin Harahap S.Sos memberikan apresiasi atas pembangunan Sopo Godang Desa Sigama Ujung Gading.

“Apresiasi kepada Kepala Desa Sigama Ujung Gading beserta seluruh jajarannya, tokoh adat, tohoh agama dan seluruh masyarakat atas terlaksananya pembangunan Sopo Godang sekaligus Kantor Kepala Desa ini, kami ucapkan selamat, mudah-mudahan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk urusan pemerintahan dan adat budaya kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap S.STP, M.Si yang diwakili oleh Asisten III Maralobi Siregar S.Sos, MM juga mengapresiasi pembangunan Sopo Godang dan Kantor Kepala Desa Sigama Ujung Gading.

“Barang kali ini yang pertama di Kabupaten Padang Lawas Utara, bahwa Kantor Kepala Desa digandeng bersama Sopo Godang. Ini merupakan langkah cerdas bahwa berdirinya Sopo Godang ini mudah-mudahan dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkembangkan kepedulian masyarakat terhadap adat dan budaya di Kabupaten Padang Lawas Utara,” ungkapnya.

Beliau juga mengapresiasi atas kepedulian KBBR terhadap adat dan budaya di Kabupaten Padang Lawas Utara dengan mengadakan kegiatan Mimbar Adat Budaya Kabupaten Padang Lawas Utara.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara kegiatan ini khususnya kepada Kepala Desa Sigama Ujung Gading dan Ketua Umum PB KBBR, saya yakin ide dan gagasan ini berasal dari beliau, ini menandakan bahwa pemuda itu peduli dan berfikir cerdas terhadap pembangunan di Kabupaten Padang Lawas Utara,” pungkasnya.

Berlanjut dengan acara di atas dalam panrauan kami pada acara Mimbar Adat dan Budaya tokoh – tokoh adat dari ketiga luat tersebut sebagai narasumber memaparkan pentingnya menghayati dan mengamalkan nilai – nilai adat dan budaya Tapanuli Selatan seperti kerukunan antara pemerintahan desa bersama tokoh adat ( kahanggi, anak boru dan mora ) di desa masing – masing dengan sendirinya masyarakat desa itu menjadi rukun dan damai.
Seperti halnya tutur sapa harus kita kembali ke tutur sapa nenek moyang kita agar dapat membedakan siapa itu yang di sapa.

Demikian juga arti dan makna Sopo Godang tokoh adat juga memaparkan apa saja fungsi Sopo Godang menurut pengetua adat terdahulu.

(ependi harahap)

Tinggalkan Balasan