Honor PPK, PPS, dan Sekretariat belum dibayarkan dari bulan Februari. Ada apa dengan KPU Nias Utara

0

Nias Utara (Sumut) mitrapolisi86news.com|Pesta Demokrasi yang disebut dengan Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 lalu telah usai, sementara Honor PPK dan PPS beserta Sekretariat belum juga dibayar oleh KPU Nias Utara sejak bulan Februari lalu hingga saat ini, lebih khusus Kecamatan Alasa.

Pasalnya, menurut informasi yang berhasil dihimpun oleh media ini bahwa KPU Nias Utara beralasan atas dasar belum diselesaikannya SPJ KPPS yang bertugas pada pemilu Februari lalu.

Namun disisi lain, PPK dan PPS beserta Sekretariat merasa sangat dirugikan dalam hal ini. Sebab, pada dasarnya anggaran yang digunakan pada saat pemilu tersebut dikelola langsung oleh KPPS itu sendiri di tiap-tiap TPS.

Salah seorang Anggota PPS Desa Hiligawoni Kecamatan Alasa Kabupaten Nias Utara an. FILIPUS FELIANU ZEGA dalam sebuah group WhatsApp PPK PPS ALASA TAHUN 2024 mengatakan, “Selamat malam untuk pimpinan di Kecamatan Alasa (PPK dan Sek. PPK), rekan-rekan PPS dan Sek.PPS se_Kecamatan Alasa.

Sebelumnya saya minta maaf kalau hal ini saya sampaikan melalui Grup ini.

Disini saya mau sampaikan keluh kesah saya dan beberapa rekan rekan PPS yang lain.

Pertama :

Terkait dengan pembayaran Honor PPS yang sampai saat ini belum terbayarkan, sementara pekerjaan kita telah selesai hampir 2 bulan sejak hari H pemilu berlangsung.

Kedua: masalah SPJ KKPS. saya sebagai anggota PPS tidak terima kalau ini salah satu yang menjadi hambatan untuk penyaluran Honor kami sebagai PPS dan pihak terkait lainnya. Karna masalah gaji maupun operasional KPPS bukan kami yang kelola. Sebagai PPS kami tidak tahu menau kemana dana yang disalurkan kepada mereka. Sehingga dalam hal ini kami merasa dirugikan karena yang bukan menjadi tanggung jawab kami malah kami dan kita semua jadi korbanny.

Ketiga : Jangan hanya karena SK kita telah berakhir maka kita tidak dapat mepertanyakan hak kita, dengan andil tidak ada perpanjangan, maka jangan takut sebab jika yang kita sampaikan itu benar maka kebenaran tetap nyata di depan kita. Maka satu kata pertanyakan hak kita sebab kewajiban kita telah selesai.

Maka,

Minta tolong kepada atasan kami di PPK Kec. Alasa untuk menyampaikan Hal ini.

Karena harusnya ini saya sampaikan di Grup sebelah Yang ada para pimpinan dari KPU NISUT tapi karna dikunci alias hanya admin yang boleh berkomentar.

Maka untuk sekali lagi saya mohon kepada pimpinan kami dari PPK alasa yg telah bergabung di grup PPK PPS SE Nias Utara untu membagikan tulisan/chet saya ini biar teman-teman dari kecamatan yang lain juga tahu hal ini.

Saya

Dari PPS Hiligawoni,

An. FILIPUS FELIANUS ZEGA,” tulis Felianu begitu tegas dalam group tersebut.

Juga Ketua PPS Dahana Tugala Oyo dalam group tersebut mengatakan, “Selamat malam, ijin menanggapi bpk/ibu,, saya setuju dengan saran pak pilipus kerkait honor pps,, saya rasa kami sdh cukup sabar menantikan kbr dari pimpinan kita tpi sampai skg masih dlm pertanyaan besar di hati kami,, klw masalah spj saya rasa sdh sebagai besar kwn” pps sdh menyelesaikan,, lalu apa lgi yg menjadi kendala??? Harapan besar kami agar yg menjadi hak kami di berikan jg kpd kami 🙏🙏,” tulis akun yang bernama akun wingke tersebut. Dan bukan hanya itu saja, yang lainnya juga menuliskan hal yang serupa.

Ditempat terpisah salah seorang PPS yang enggan disebutkan namanya dalam pemberitaan ini mengatakan, “Kitapun heran dengan KPU Nias Utara… kenapa belum juga menyalurkan honor kami, padahal menurut informasi dari rekan-rekan di Kabupaten/Kota lain di kepulauan Nias selain Nias Utara, mereka sudah menerima honor mereke, sedangkan kami sebentar mau pertengahan bulan April tapi masih belum juga ada tanda-tanda penyaluran Honor tersebut,” imbuhan.

Lebih lanjut ianya mengatakan, “kita berharap supaya ada pertimbangan yang lebih bijak dari KPU Nias Utara agar honor kami tersebut dapat segera disalurkan. Juga kami berharap agar Pimpinan KPU Provinsi Sumatera Utara di Medan dan terlebih Pimpinan KPU RI di Jakarta agar dapat memperhatikan hal ini dengan serius,” harapnya.

Di waktu yang berbeda awak media ini mencoba melakukan konfirmasi kepada Pihak KPU Nias Utara melalui bendahara KPU Nias Utara atas nama Megawati Zebua melalui pesan singkat WhatsApp di nomor 0822-7617-xxxx selasa (30/04/23), Namun Hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan sama sekali seakan bungkam padahal chat sudah centang dua.

(Red)

Tinggalkan Balasan