HUT Bhayangkara ke-77, Kapolres Pelalawan Bacakan Amanat Kapolda Riau

PELALAWAN, Mitrapolisi86news.com Dengan mengusung Tema “Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju” upacara Hari Bhayangkara ke 77 di wilayah hukum Polres Pelalawan di pimpin langsung oleh Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, SH, SIK, di lapangan upacara Kantor Bupati Pelalawan, Sabtu (1/7/2023).

“Tema ini merupakan representasi dari tekad dan semangat kita untuk senantiasa bersama-sama dengan seluruh Stakeholder melakukan perbaikan, pembenahan serta berkomitmen menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat,” ucap Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, SH, SIK saat membacakan amanat Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal pada Hari Bhayangkara ke 77 ini.

Dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal menyebutkan, berdasarkan Lembaga Survei Indikator Indonesia, saat ij8 tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri mengalami peningakatan sebesar 73,2 persen di bulan Mei 2023. Dimana sebelumnya sempat meyentuh angka 62,6 persen di bulan September 2022.

Pencapaian itu dikarenakan dewasa ini beberapa kasus menonjol dan meresahkan berhasil diungkap, seperti  Narkoba, Illegal Fishing, Perdagangan dan Penyelundupan Manusia serta Premanisme.

“Namun begitu, harus disadari bahwa keberhasilan dan pencapaian tersebut masih terdapat sejumlah kelemahan dan kekurangan yang perlu diperbaiki. Dalam aspek pembinaan, masih ada oknum anggota Polri yang melakukan pelqnggaran disiplin, kode etik maupun tindak pidana yang mencederai nama baik dan menurunkan citra institusi,” sebutnya.

Terkait persiapan menghadapi agenda naeional yaitu Pemilu Serentak 2024, maka perkembangan dan dinamika politik diprediksi akan semakin meningkat dan sarat kepentingan sehingga berpotensi menimbulkan benturan dan konflik dalam bentuk perselisihan, aksi kekerasan komunal maupun kontak fisik antar kelompok.

“Menyikapi hal tersebut, seluruh anggota Polri khususnya Polda Riau harus tetap berpegang teguh dan berpedoman pada prinsip netralitas serta tidak memihak dalam penyelenggaraan pemilu,” kata Kapolda.

Dalam amanatnya, Kapolda Riau juga memberikan enam intruksi kepada jajarannya, yakni:
– Tingkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa.
– Tanamkan terus kesadaran diri bahwa profesi kepolisian yang dipilih merupakan wujud pengabdian yang mulia pada masyarakat, bangsa dan negara.
– Inventarisir permasalahan di lapangan dalam penanganan konflik sosial serta tingkatkan kemampuan diteksi dini.
– Tingkatkan kesiapsiagaan operasional untuk menghadapi eskalasi perkembangan situasi yang meningkat secara tepat.
– Tingkatkan kerjasama, koordinasi dan komunikasi yang efektif antar penegak hukum.
-Memberikan keteladanan dan mempererat soliditas baik intetnal Polri maupun dengan TNI.

“Harapan saya, kiranya semua prestasi dan keberhasilan yang telah diraih dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang sehingga Polri bisa bertransformasi menjadi institusi postur Polri yang Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan,” tutupnya.

Selain diikuti oleh seluruh personil Polres Pelalawan, TNI, ASN, Satpol PP, Dishub dan ormas, Upacara Hari Bhayangkara ke 77 Polres Pelalawan juga di hadiri oleh Bupati Pelalawan H. Zukri Misran, Wakil Bupati Pelalawan Nasarudin, SH, MH, Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Baharudin, SH, MH dan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pelalawan Syafrizal, SE beserta unsur Forkopimda Kabupaten Pelalawan lainnya, Ketua Bhayangkari Cabang Pelalawan dan pengurus serta istri Bupati dan istri Wakil Bupati, seluruh kepala OPD,dan jajaran pokdar Kamtibmas resort Pelalawan  Tokoh masyarakat, Tokoh agama dan undangan lainnya.

Pada upacara Hari Bhayangkara ke 77 ini juga dilakukan penyerahan Medali dan Penghargaan Kapolres Pelalawan kepada dua anggota Polres Pelalawan yang dinilai terbaik dan berdedikasi yaitu Aipda Ronald Regen sebagai Polisi Teladan Tahun 2023 yang diserahkan oleh Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, SH, SIK. Dan Aipda Rudi Salam sebagai Bhabinkamtibmas Terbaik Tahun 2023 yang diserahkan oleh Bupati Pelalawan H. Zukri Misran.

(Biola)