Karya Bakti, Wujud Kemanunggalan Babinsa Dengan Masyarakat

0

Cilacap (Jateng) Mitrapolisi86news.com |Serda Pandu Iriyanto Babinsa Koramil 14/Cimanggu, Kodim 0703/Cilacap, Korem 071/Wijayakusuma, melaksanakan karya bakti pengecoran jalan di komplek pemakaman umum Dusun Tameng RT. 01 RW. 07 Desa Bantarpanjang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Rabu (31/01/2024).

Karya bakti adalah kegiatan gotong royong melaksanakan sebuah kegiatan atau pekerjaan secara bersama sama tanpa mendapatkan upah atau imbalan.

Babinsa mengatakan bahwa karya bakti dilaksanakan dengan tujuan untuk memudahkan akses jalan bagi warga masyarakat yang akan berziarah maupun pada saat proses pemakaman, dikarenakan posisi makam yang berada di ketinggian sehingga licin dan sulit di lalui apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini.

“Pemakaman umum di Dusun Tameng ini jalannya berupa tanah, sehingga pada saat turun hujan akan menjadi licin dan sulit di lalui,   di tambah lagi kondisi jalan yang menanjak. Untuk itu atas musyawarah dan kerjasama semua pihak di bangunlah jalan pemakaman ini, dengan harapan dapat memudahkan warga masyarakat yang akan berziarah maupun pada saat proses pemakaman,” ungkapnya.

Ini merupakan cermin budaya Bangsa Indonesia, dimana ada fasilitas umum, maka pengerjaannyapun di lakukan secara sukarela.

“Sifat gotong royong ini harus kita jaga, karena merupakan budaya asli Bangsa Indonesia, “ujar Serda Pandu.

Disamping itu, dengan adanya kegiatan karya bakti ini kekompakan dan kedekatan antara Babinsa dengan warga masyarakat dapat berjalan dengan baik. Jalinan kemitraan ini merupakan langkah yang positif guna terwujudnya kemanunggalan TNI dengan Rakyat, sehingga terbentuk situasi yang aman dan kondusif dilingkungan.

Pada kesempatan tersebut, Amri selaku Kepala Dusun Tameng Desa Bantarpanjang, mengucapkan terima kasih kepada Koramil 14/Cimanggu khususnya kepada Pak Babinsa, yang telah hadir dan membantu masyarakat melaksanakan pengecoran jalan di komplek pemakaman.

“Saya mewakili warga masyarakat Desa Bantarpanjang khususnya Dusun Tameng, sangat berterima kasih kepada Pak Babinsa yang telah hadir dan membantu kami, dengan hadirnya Pak Babinsa di tengah-tengah masyarakat akan berdampak positif terhadap segala bentuk kegiatan yang ada di wilayah binaan,”ucap Amri.

 

(Ahmad)

( R14 )

Tinggalkan Balasan