LSM GRAK angkat bicara perihal pembangunan Box Culvert DIDUGA tidak mengedepankan kajian – kajian yang telah ditentukan

0

 

Sambas 2 Januari 2024 ,( Kalbar ), MITRAPOLISI86NEWS.COM |Pembangunan box culvert bersumber Dana DAU yang dikerjakan oleh CV.KURNIA INDAH LESTARI  nilai kontrak Seratus Sembilan Puluh Juta sekian melalui Dinas PUPR Kabupaten Sambas di jalan Se jangkung Sambas,pengerjaan nya yang di duga menyalahi aturan spesifikasi hingga menyebabkan sering kecelakaan tunggal.

Hal ini mendapat perhatian serius dari masyarakat pengguna jalan . Salah satu warga setempat saat di wawancara  awak media. Mengatakan akhir-akhir ini sering terjadi kecelakan,kalau kecelakaan tersebut diakibatkan karna box culvert itu tinggi dan ada bendulan di antara jalan dan jembatan itu,terang warga dgn logat Melayu Sambas.31/12/2023

Pada saat kejadian kecelakaan saya melihat sendiri  akibat bentuk boxculvert hingga menyebabkan kecelakaan ungkap nya.

Hal ini harus diperhatikan dengan serius bagi Pejabat Pembuat Komitmen(PPK), karena mengingat padatnya lalu lintas di jalan Sambas Sejangkung.

Menanggapi hal itu,ketua LSM DPD  Kabupaten Sambas GRAK Andri Wahyudi angkat bicara.

(1/1/2024)

 

Di Sampai kan Andri, keselamatan dan laik fungsi boxculvert. Karna dalam perencanaan ada tahapan tehnis ada alternatif pembangunan boxculvert kajian kelayakan (feasibility study) perencanaan tehnis akhir final engeenering desin kelayakan keselamatan jalan (AKJ).

Jadi dipertanyakan sudah  layakkah setiap pembangun boxculvert atas keselamatan jalan ?.  Pemeriksaan suatu proyek boxculvert /jalan atau lalu lintas eksisting

atau baru, oleh suatu tim ahli yg independen yang melaporkan kelayakan terang Andri.

Lanjut,kinerja keselamatan dan potensi tabrakan pada proyek tsb.

Uji keselamatan boxculvert/ jalan telah terbukti sangat efektif saat

dilakukan pada tahap perencanaan dan desain utk proyek boxculvert/jalan baru.

 

Dinamakan uji keselamatan jalan karena keselamatan jalan

adalah satu-satunya fokus.Keselamatan boxcuvert/ jalan bukan sekedar pemeriksaan, apakah

standar sudah dipenuhi, tapi lebih pada penilaian bagaimana

pengguna jalan yg akan datang untuk menggunakan jalan, dan

apakah ada atau tidak masalah keselamatan pada jalan baru tersebut.

 

Kami Meminta segera ditinjau kembali dan periksa pembangunan box culvert/ jalan yg ada dikabutapen sambas karna sudah ada laporan beberapa warga mengalami kecelakaan tunggal belum lagi kendaraan sulit melintasi demi keselamatan dan efektif di pembangunan yang sudah terealiasasi.

 

Berharap pihak PUPR Kabupaten Sambas agar segera analisa kembali resiko kecelakaan dan kesesuain standar pembangunan boxculvert/jalan.

 

Undang-undang RI

No 22 Tahun  2009

Tentang Lalulintas Dan Angkutan Jalan- 8 –

Pasal 6

Bab IV

Pembinaan

Pasal 5

(1) Negara bertanggung jawab atas Lalu Lintas dan

Angkutan Jalan dan pembinaannya dilaksanakan oleh

Pemerintah. Pasal 28

(1) Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang

mengakibatkan kerusakan dan/atau gangguan fungsi

Jalan.

 

Jangan jadi pembiaraan pembangunan boxculvert  yang tidak sesuai standar,karna beberapa laporan masyarakat dan tinjauan kami bentuk boxculvert agak mirip dengan police tidur ,belum lagi kualitas pembangunan boxculvert apakah sudah sesuai dengan bastek?,.

 

Di harapkan kepada Dinas PUPR Kabupaten Sambas Untuk Meninjau kembali di kegiatan tersebut untuk mengkaji boxculvet untk keselamatan dan layak fungsi boxculvert/jalan demi keselamatan dan kenyamanan serta efektif efisien,tutup Andri.

 

Hari Minggu 31 Desember 2023 Awak Media sudah berusaha konfirmasi ke Dinas PUPR Kabupaten Sambas.Terhubung pesan via Whatsapp,namun tidak ada tanggapan sampai berita ini tayang.

(tim)

Tinggalkan Balasan