Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Terhadap Masyarakat,Pemda Sambas Bangun 6 Puskesmas Tahun ini

0

Sambas (Kalbar) mitrapolisi86news.com|Pemda Sambas mengoptimalkan pelayanan kesehatan promotif dan preventif dengan aspek preventifnya,memeratakan Pembangunan Puskesmas diseluruh Kecamatan di Kabupaten Sambas,dengan sejalan dengan visi dan misi Bupati Sambas ” Sambas Berkemajuan” visi Berkelanjutan adalah suatu kondisi dimana pelaksanaan pembangunan yang sudah baik tetap dilanjutkan. (09/05/2024).

Pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dan pelaksanaan pembangunan yang berwawasan lingkungan. Misi mengelola dan memanfaatkan SDA dengan prinsip pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Di Sampaikan Andri Mayudi Ketua DPD GRAK Kab Sambas (Gerakan Rakyat Anti Korupsi) saat di wawancara.”Indikator keberhasilan Pemda Sambas dalam kurun beberapa tahun belakangan ini sudah membangun dan merenovasi sebanyak 17 Puskesmas dari 28 Puskesmas yg berada di 19 Kecamatan di Kabupaten Sambas artinya sudah hampir merata perbaikan kualitas dan standar pelayanan kesehatan di Kecamatan yang sudah dilengkapi dengan fasilitas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas),”jelas Andri.

“Informasi yang kami dapat dari keterangan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas dr. Ganjar Eko Prabowo, M.M.,Sebagai tindak lanjut, informasi tahun ini Pemda Sambas akan menargetkan tahun ini akan dibangun/renovasi 6 puskesmas yaitu, Terigas,Salatiga,Sajad,Sungai Baru, dan Sentebang yang arti nya jika berjalan lancar pembangunan tahun ini hanya sisa 5 puskemas,”terang Andri.

Kemudian Andri menyampaikan,” mungkin tahun depan akan dilanjutkan pembangunan di wilayah Pimpinan,Galing,Satai,Segarau, dan Sungai Kelambu.”

“Saya Selaku Ketua DPD LSM GRAK Kab Sambas sangat mengapresiasi kinerja Pemda Sambas kepemimpinan Bapak Bupati Sambas H. Satono, S.Sos.I., M.H ; Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ir. H. Fery Madagaskar, dalam capaian pelayanan kesehatan di Kab.sambas mengalami banyak perubahan yang menuju optimalisasi pelayanan.

Mulai dari peningkatan fasilitas kesehatan, di mana tiga RSUD di Kabupaten Sambas banyak mengalami penambahan pelayanan dan juga kekhususan spesialisasi, sampai pada peningkatan pelayanan makan pasien yang variatif dan modern dengan tetap menjaga kualitas gizi dalam menu masakan.

“Dalam keberhasilan mereformasi pelayanan kesehatan sehingga warga semakin banyak yang terlayani, tentu dilayani dengan baik oleh tenaga medis dan tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan,”ungkapnya

Masih Andri,”Pemda Sambas tidak hanya memberikan perhatian pada aspek kuratifnya ,aspek preventifnya bentuk komitmen Pemerintah Daerah serius dalam pembangunan negeri tercinta memeratakan pembangunan Puskesmas adalah wujud nyata.

Masyarakat yang tinggal di pelosok kerap sulit mengakses pelayanan kesehatan. Sebab, jumlah dan fasilitas di puskesmas dan klinik belum merata. Semoga dengan banyak nya peningkatan pembangunan puskesmas di Kabupaten Sambas dengan merata membawa kemaslahatan bagi masyarakat.

Supaya mereka tidak kesulitan mengakses layanan kesehatan.Dengan begitu siapa saja bisa merasakan pertolongan bila membutuhkan.dan dapat meningkatkan informasi dan edukasi kepada seluruh kader posyandu, ibu hamil, ibu menyusui.”

Kmudian kata Andri,”mengenai stunting dan gizi anak,tentu ini perlu peningkatan untuk gizi dalam masa pertumbuhan,dan penurunan angka anak stunting dapat menurun di wilayah Kecamatan .di Kabupaten sambas.”

“Harapan kami dengan pemerataan pembangunan Puskesmas di Kabupaten Sambas lebih maju bangkit lebih merdeka dalam kesehatan.Meningkatkan mutu pelayanan yang lebih baik cepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan.Memberikan kepuasan kepada pasien agar merasa nyaman aman dan menjaga kualitas mutu pembangunan.”

“Semoga Pemda Sambas mejalankan Roda Pemerintahan selalu Amanah yang adil bijaksana dapat menjadikan masyrakat Kabupaten sambas semakin sehat jasmani dan rohani serta diberi kemudahan, dan Meningkatkan Kuwalitas SDM Yang Intelektual, Kreatif, Inovatif, dan Berdaya Saing dan sejahtera,”tutup Andri.

(Wardi)

Tinggalkan Balasan