Pemkab Paluta Bersama BPS Selenggarakan Evaluasi Data Publikasi

0

Paluta(sumut)mitrapolisi86news.comPemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Padang Lawas Utara menyelenggarakan Evaluasi Data Publikasi Kabupaten Padang Lawas Utara Dalam Angka Tahun 2023 di Aula Hotel Mitra Gunungtua, Kamis (02/11/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap S.STP, M.Si yang diwakili oleh Asisten II Haholongan Siregar SE, MM, Kepala Badan Pusat Statistik beserta jajaran, Kepala Bappelitbangda beserta jajaran, Kepala Dinas Kominfo beserta jajaran, dan Sekretaris atau Eselon III yang bertanggungjawab menangani data setiap
OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara.

Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap S.STP, M.Si yang diwakili oleh Asisten II Haholongan Siregar SE, MM dalam sambutannya menyampaikan tentang konsep yang sangat penting bagi kemajuan bangsa, yaitu “Satu Data Indonesia.”
Satu Data Indonesia adalah sebuah upaya untuk mengintegrasikan, mengumpulkan, dan membagikan data dari berbagai sumber dalam satu wadah, sehingga dapat digunakan secara efisien untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam era digital seperti sekarang, data adalah harta yang sangat berharga. Data memiliki potensi untuk mengubah cara kita mengambil keputusan, mengembangkan kebijakan, dan mengukur dampak dari berbagai program pemerintah. Namun, data yang tersebar di berbagai lembaga dan instansi seringkali sulit untuk diakses dan dimanfaatkan dengan baik. Inilah mengapa konsep Satu Data Indonesia menjadi sangat relevan.

Satu Data Indonesia bukan hanya sekadar menggabungkan data, tetapi juga menciptakan sistem yang memastikan data tersebut akurat, aman, dan dapat diandalkan. Ini akan membantu kita dalam berbagai bidang, mulai dari pelayanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur, hingga pengelolaan sumber daya alam.

Melalui Satu Data Indonesia, kita dapat memaksimalkan potensi pertumbuhan ekonomi, meningkatkan pelayanan publik, serta merancang program pembangunan yang lebih efektif. Dengan data yang terintegrasi dan mudah diakses, kita bisa mengukur kemajuan, mengidentifikasi masalah, dan merancang solusi yang tepat.

Tentu saja, untuk mencapai visi ini, kita harus bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, dan masyarakat sipil. Kita harus menjadikan Satu Data Indonesia sebagai salah satu prioritas kita, karena dampak positifnya akan dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Saya yakin, dengan tekad dan kerja keras kita bersama, Satu Data Indonesia akan menjadi fondasi yang kuat untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. Mari bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan visi ini, demi masa depan yang lebih baik bagi generasi-generasi mendatang” tutup beliau.

(ependi harahap)

Tinggalkan Balasan