Pemkab Paluta Gelar Diseminasi Audit Kasus Stunting

0

PALUTA SUMUT, Mitrapolisi86news.com Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar acara Diseminasi Audit Kasus Stunting (AKS) yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Kamis (10/08/2023).

Turut hadir dalam acara tersebutĀ  Wakil Bupati Padang Lawas Utara H. Hariro Harahap SE, M.Si, Para Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan OPD, Dokter Spesialis Obsetri dan Genetika dr. Erwin Edi Syahputra Harahap Sp. OG, Dokter Spesialis Anak dr. Syahreza Hasibuan M.Ked (Ped), Sp.A, Ketua Asosiasi Psikologi Forensik Wilayah Sumatera Utara dr. Rahmi Lubis M.Psi, dan tamu undangan lainnya.

Wakil Bupati Padang Lawas Utara H. Hariro Harahap SE, M.Si dalam sambutannya mengatakan, bahwa Diseminasi Audit Kasus Stunting dilaksanakan untuk memberikan edukasi tentang pentingnya kasus stunting dan edukasi gizi buruk, mengingat saat ini satu dari tiga balita Indonesia mengalami Stunting.

Wabup berharap “Dengan dilaksanakannya Audit Kasus Stunting kepada seluruh OPD terkait untuk membantu dan turut serta dalam rencana tindak lanjut pelaksanaan Audit Kasus Stunting ini seperti memberikan data-data yang dibutuhkan dan sebagainya,” harap Wabup.

Sementara itu, Dokter Spesialis Anak dr. Syahreza Hasibuan M.Ked (Ped), Sp.A sebagai narasumber pada kegitan tersebut menyampaikan, bahwa terdapat beberapa faktor resiko dan penyebab stunting yakni,” Masalah asupan gizi yang dikonsumsi, tinggi badan orang tua, sanitasi lingkungan yang buruk, dan imunisasi tidak lengkap,” katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan, salah satu solusi dasar dari kasus Stunting dan gizi buruk ialah dengan perbaiki nutrisi yang diberikan kepada anak.

(ependi harahap)
sumber: kominfo

Tinggalkan Balasan