Pemkab Paluta Resmi Buka Acara Praktek Manasik Haji Tingkat RA Dilingkungan Kemenag

0

Paluta (Sumut) mitrapolisi86news.com|Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan S.STP, MM secara resmi membuka Acara Praktek Manasik Haji Tingkat Raudhatul Athfal (RA) di Lingkup Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Rabu (06/12/2023).

Acara tersebut turut dihadiri Kakan Kemenag Drs. Safiruddin Harahap M.Pd, Wakapolsek Padang Bolak Iptu Suhardi, Asisten I Syarifuddin Harahap S.Sos, MM, Ketua FKUB H. Awaluddin Harahap, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Padang Lawas Utara, Ketua Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Padang Lawas Utara, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Anak-anak Peserta Manasik Haji Tingkat Raudhatul Athfal (RA) dan tamu undangan lainnya.

Kakan Kemenag Drs. Safiruddin Harahap M.Pd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang positif atas pelaksanaan Manasik Haji Tingkat Raudhatul Athfal (RA).

Beliau juga mengatakan dengan dikenalkannya sejak dini rangkaian pelaksanaan ibadah haji, diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai ibadah di dalam pikiran anak-anak, sehingga ketika sudah dewasa akan mengingat bahwa pernah melakukan praktek ibadah haji ketika masih muda belia.

Selain itu, beliau juga berharap para guru dan orang tua saling membantu dalam mengarahkan anak-anak, karena tingkat kesulitan mengatur anak-anak lebih tinggi bila dibandingkan dengan orang dewasa, dan dibutuhkan usaha dan kesabaran yang cukup besar.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan S.STP, MM menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnyaatas segala upaya yang telah dilakukan Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Padang Lawas Utara, dalam usaha mendukung program pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa
melalui bidang pendidikan.

Kegiatan ini merupakan suatu langkah maju dalam usaha mewujudkan perhatian kita terhadap pendidikan anak usia dini selaku generasi muda penerus pembangunan bangsa di masa yang akan datang.

Pelatihan praktek manasik akbar yang
dilaksanakan hari in merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan anak-anakntentang tata cara pelaksanaan salah satu Rukun Islam, yaitu menunaikan ibadah haji bagi orang yang sanggup.

“Saya berharap kepada anak-anak kami, peserta Manasik Haji Akbar agar lebih bersungguh-sungguh untuk mengikuti kegiatan Peragaan Praktek Manasik Haji Akbar ini, kepada seluruh guru sebagai pembimbing dalam pelaksanaan kegiatan ini agar mengawasi anak-anak didik kita sehingga kegiatan ini lebih kondusif dan teratur” ujar beliau.

(Efendi Harahap)

Tinggalkan Balasan