Pemkab Paluta Selenggarakan Peringatan Hari Santri Nasional Bertemakan ” Jihat Santri Jayakan Negeri

0

Paluta(sumut)mitrapolisi86news.comPemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menyelenggarakan Peringatan Hari Santri Nasional yang mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” di Halaman Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Minggu (22/10/2023).

Turut hadir dalam kegiatan Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap S.STP, M.Si, Wakil Bupati Padang Lawas Utara H. Hariro Harahap SE, M.Si, Kapolres Tapsel Imam Zamroni SIK, MH, Dandim 0212/TSLetkol Inf. Amrizal Nasution, Danramil 05/ PB, Dankipan – C Yonif 123 / RW, Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan S.STP, MM, Kakan Kemenag, Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan OPD, Ketua MUI Kabupaten Padang Lawas Utara, Ketua FKUB Kabupaten Padang Lawas Utara, Ketua Baznas Kabupaten Padang Lawas Utara, Pimpinan Pondok Pesantren se Kabupaten Padang Lawas Utara, Para Alim Ulama, Tokoh Agama, Santri/wati Pondok Pesantren, dan tamu undangan lainnya.

Dalam pantauan kru media ini saat berlangsungnys acara Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap, S.STP., M.Si., dalam sambutannya membacakan amanat Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan untuk merenungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa, sebagai santri, tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku sehari-hari.

“Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan, karena itu, saya mengajak semua masyarakat indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan hari santri” ujar beliau.

Bupati juga mengharapkan, Kita harus menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara. oleh karena itu, mari kita renungkan dan amalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari. perjuangan kita bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan, dan semua bentuk ketidaksetaraan. bersama-sama, kita bisa menjayakan negeri ini dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan.

Terakhir, beliau juga mengajak semua untuk selalu berdoa agar Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk, kekuatan, dan kesabaran dalam menjalani perjuangan sebagai santri yang berkomitmen pada “Jihad Santri Jayakan Negeri.

Dalam kesempatan yang sama Peringatan Hari Santri Nasional Kabupaten Padang Lawas Utara juga dimeriahkan dengan melaksanakan jalan santai yang dimulai dari Masjid Raya Gunungtua dan berakhir di Kantor Bupati Padang Lawas Utara, perlombaan pidato Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris kategori Putra/i, perlombaan karya ilmiah guru dan santri, debat Fiqih/debat santri, qiratul kutub kategori tsanawiyah dan aliyah, dan pembagian doorprize dengan hadiah utama sepeda yang diserahkan secara langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara.

(ependi harahap)

Tinggalkan Balasan