Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kabaglog, ini Harapan Kapolres Pulau Buru

Kapolres Pulau Buru, AKBP Nur Rahman, S.I.K., M.M. memimpin pelaksanaan Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Bagian Logistik (Kabaglog) Polres Pulau Buru, bertempat di Aula Endra Dharmalaksana Polres Pulau Buru, Sabtu (15/7/2023).

Kapolres Pulau Buru, AKBP Nur Rahman, S.I.K., M.M. memimpin pelaksanaan Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Bagian Logistik (Kabaglog) Polres Pulau Buru, bertempat di Aula Endra Dharmalaksana Polres Pulau Buru, Sabtu (15/7/2023).

BURU MALUKU, Mitrapolisi86news.com Kapolres Pulau Buru, AKBP Nur Rahman, S.I.K., M.M. memimpin pelaksanaan Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Bagian Logistik (Kabaglog) Polres Pulau Buru, bertempat di Aula Endra Dharmalaksana Polres Pulau Buru, Sabtu (15/7/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Pulau Buru KOMPOL Ruben M.H Sihombing, PS. Ketua Bhayangkari Cabang Polres Pulau Buru Ny. Rika Ruben Sihombing, para Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasi dan Perwira Staf Polres Pulau Buru, Dangki Yon A Pelopor, Perwakilan dari masing-masing Sat dan Bag Polres Pulau Buru, para pengurus Bhayangkari Cabang Polres Pulau Buru dan Rohaniawan Pdt. Yonas Leleury.

Pergantian jabatan di bagian logistik yang sebelumnya dikepalai oleh AKP Jafar Husin bergeser jabatan baru sebagai Pama Yanma Polda Maluku. Jabatan Kabaglog diserahkan kepada AKP Carolis Sabandar jabatan lama PS. Kasibinmasair dan Potdirga Subdit Patroliairud Ditpolairud Polda Maluku. Serah terima jabatan mengambil tempat dan laporan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan, berita acara pengambilan sumpah dan fakta integritas.

Dalam amanatnnya, Kapolres Pulau Buru AKBP Nur Rahman, S.I.K., M.M mengatakan, alih tugas di Lingkungan organisasi Polri merupakan suatu hal yang wajar dan merupakan kebutuhan untuk menjaga dinamika organisasi di samping dalam pembinaan karir bagi setiap anggota guna memperoleh promosi jabatan, selain merupakan suatu realisasi dari kebijakan pimpinan dalam memberikan penghargaan kepada para personil Polri yang telah menunjukkan prestasi kerja yang baik dalam menciptakan suasana ketertiban ketentraman dan keamanan di tengah-tengah masyarakat serta dalam meningkatkan pembinaan kesatuan.

“Sesuai tugasnya Polri dalam rangka pemeliharaan kamtibmas sekaligus sebagai pelindung pengayom dan pelayan kepada masyarakat maupun sebagai penegak hukum dituntut tanggung jawab yang semakin berat karena dengan semakin majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta derasnya arus globalisasi dan informasi akan berpengaruh terhadap peningkatan gangguan kamtibmas baik berupa pelanggaran maupun kejahatan sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tahun 2023-2024 merupakan tahun politik dan saat ini kita sedang melaksanakan operasi dengan sandi, “Operasi Mantap Brata Salawaku 2023″ yang bertujuan untuk mengawal dan mengamankan jalannya pemilihan anggota legislatif DPD, presiden dan wakil presiden 2024,” ujar Kapolres.

Menurutnya, pada setiap tahapan hal ini akan membawa konsekuensi terhadap pertarungan calon anggota legislatif dan elit politik yang sangat ketat dari masing-masing partai pendukung sehingga tantangan tugas bagi Polri khususnya Polres Pulau Buru kedepannya akan semakin berat dan memerlukan pikiran dan tenaga yang ekstra dari petugas Polri di Polres Pulau Buru.

“Dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, di samping itu saat ini kita juga sedang melaksanakan operasi dengan sandi “Patuh Salawaku 2023″ dengan tema patuh dan tertib berlalu lintas cermin moralitas bangsa yang dilaksanakan selama 14 Hari mulai dari tanggal 10 sampai dengan 23 Juli 2023 dengan tujuan untuk menurunkan angka pelanggaran kecelakaan lalu lintas dan korban fatalitas serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” katanya.

Selain itu Kapolres menjelaskan, ancaman gangguan kamtibmas tersebut di atas dan semakin tingginya tuntutan masyarakat akan rasa aman maka Sudah barang tentu menuntut kesiapan personel Polri dalam mengantisipasi apabila tuntutan masyarakat tersebut tidak dapat diwujudkan maka rasa kepercayaan masyarakat kepada Polri secara perlahan akan mengalami penurunan/degradasi.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa telah diberlakukan peraturan kepolisian nomor 2 tahun 2021 tentang susunan organisasi dan tata kerja pada tingkat kepolisian resor dan kepolisian sektor berkaitan dengan hal tersebut terdapat penambahan struktur dan fungsi pada tingkat Polres dan Polsek salah satunya penambahan bagian logistik,” jelas Kapolres.

Dia menambahkan, bagian logistik merupakan unsur pembantu pimpinan yang bertugas membina dan menyelenggarakan manajemen logistik yang meliputi pengadaan, pemeliharaan dan perawatan, persediaan barang, perbekalan umum, peralatan fasilitas dan konstruksi serta angkutan. “Saya berharap kepada pejabat yang baru saja dilantik ini akan dapat segera melakukan langkah-langkah strategis dalam mengimplementasikan seluruh kebijakan yang telah ditetapkan oleh pimpinan Polri tanggung jawab atas suatu jabatan adalah amanah sekaligus kepercayaan di mana di dalamnya mengandung konsekuensi yang tidak ringan sehingga setiap jabatan dituntut untuk dapat menampilkan kinerja terbaik agar mampu membawa perubahan disatuan yang dipimpinnya ke arah yang lebih baik,” kata dia.

Kapolres Pulau Buru menyampaikan, ucapan terima kasih terhadap pengabdian yang telah AKP Jafar Husin dedikasikan di Polres Pulau Buru ini, ucapan terima kasih yang sama juga ia sampaikan kepada Ibu Rahma Husein yang telah dengan setia selalu mendampingi suami selama bertugas di Polres Pulau Buru.

“Kepada AKP Carolis Sabandar Selamat atas promosi jabatan sebagai PS Kabaglog Polres Pulau Buru Saya yakin dengan pengalaman tugas saudara miliki akan mampu menjawab kepercayaan yang diberikan kepada saudara, segera menyesuaikan diri dilingkungan tugas saudara laksanakan tugas tersebut dengan arif dan bijaksana penuh inisiatif kreatif inovatif serta berdedikasi Tentunya semua tantangan tugas yang akan dihadapi harus mampu dijawab dengan wujud langkah dan tindakan yang nyata di lapangan,” tutupnya.

(Lamusa)